Rabu, 27 Mei 2009

Orang tua bijak adalah sahabat anak

Keluarga adalah yang pertama dan utama sebagai peletak dasar pembentukan kepribadian anak, karena sebelum anak mengenal lingkungan lain, keluargalah yang terlebih dahulu memberikan pondasi untuk membentuk kepribadian anak. Meskipun demikian, orang tua kadang kurang tepat dalam memperlakukan anak. Memang, untuk menjadi orang tua tidak ada sekolahnya, dengan demikian ketika menjadi orang tua biasanya mereka berkaca dari apa yang telah mereka alami dulu ketika masih anak-anak. Padahal bisa jadi apa yang dialaminya dulu sudah tidak efektif lagi untuk diterapkan saat ini. Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan dipaparkan bagaimana menjadi orang tua efektif agar anak dapat berkembang dengan baik. Beberapa hal tersebut adalah :

1. Mau meminta maaf kepada anak jika berbuat salah.

2. Mau mengucapkan mengucapkan terima kasih.

3. Menepati jika berjanji.

4. Tidak memberikan “label” pada anak.

5. Senyum dan memberi sentuhan fisik.

6. Lebih baik melakukan tindakan daripada sekedar kata-kata. .

7. Lebih merespon ketika anak berbuat negative, daripada ketika anak berbuat positif. .

8. Tidak mengucapkan kata “jangan” .

9. Menghargai pertanyaan anak. .

10. Tidak menghukum secara fisik

Jika orang tua dapat menerapkan hal-hal tersebut, dimungkinkan anak dapat menjalani kehidupannya dengan lebih baik, tanpa tekanan, tanpa celaan dan tanpa ketakutan, tetapi hidup dalam lingkungan yang penuh penerimaan dan rasa aman, sehingga ia akan berkembang menjadi pribadi yang positif, karena pada dasarnya anak belajar dari bagaimana ia diperlakukan oleh lingkungannya. Semoga kita termasuk menjadi orang tua dambaan anak-anak.

Sumber selengkapnya disini

1 komentar:

  1. artikelnya menarik sekali. sangat bermanfaat bagi pendidik. kami dari www.indi-smart.com, mendukung segala upaya pendidikan anak terbaik untuk masa depan mereka...

    BalasHapus